pemandian air panas dari Ciater itu pun dianggap bermanfaat mengobati banyak keluahan misalnya rematik, penyakit kulit serta juga gangguan saraf serta tulang.

SEJARAH CIATER

Pada zaman dulu, wilayah tempat tamasya Ciater tersebut masih merupakan hutan lebat yang dianggap menyeramkan oleh sebagian masyarakat sekitar. Di hutan belantara itu, banyak terdapat tumbuhan ater. Berdasarkan mitos yang beredar dari obrolan di kalangan warga, pernah Pada zaman dulu ada orang sakti yang dulu mencoba untuk membabad pohon ater tersebut, ternyata dari ranting pohon yang ditebas ini memancarkan air yang mengalir dengan cukup deras.

Seorang pria bernama Buyut Ebos yang kondang akan kesaktiannya oleh masyarakat sekitar mulai berupaya untuk meratakan hutan lebat di daerah wahana dan rekreasi Sari Ater itu. kawasan yang semula dianggap angker oleh masyarakat tersebut diubah menjadi sebuah lahan pedesaan dan kemudian diberi sebutan Ciater yang memiliki makna air yang memancar. Dari cerita asal mula nama Ciater yang kemudian terkenal menjadi tempat tamasya pemandian air panas.

Fenomena ini menjadi adalah keuntungan bagi masyarakat sekitar yang pada saat itu sedang mengalami kesulitan akan kelangkaan air bersih. Pancaran air deras yang memancar dari pohon ater itu diyakini oleh penduduk sekitar memberikan khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, terutama menyembuhkan penyakit kulit.

Cerita masyarakat ini dapat diteliti secara ilmiah oleh seorang peneliti asal Belanda yang dikenal sebagai Hack Bessel sesudah dia melakukan beragam penelitian terhadap air di wilayah kolam air panas Ciater itu yang ternyata memang memiliki manfaat.

Sumberdaya air panas di daerah kolam air panas Ciater mulai dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Subang dijadikan sebuah tempat tamasya yang populer hingga seluruh nusantara.

RUTE PERJALANAN KE KOLAM AIR PANAS CIATER

Apabila kita akanmenuju ke wahana dan rekreasi Sari Ater ini sangat mudah karena terletak di lokasi yang terbilang sangat mudah di jangkau. Itu karena letaknya tidak jauh dari lalu lintas utama jalan yang menghubungkan kota subang dengan Kota Bandung. Rute perjalanan ke taman wisata Sari Ater dapat ditempuh dari berbagai arah.

Dari arah Bandung, kolam air panas Ciater dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 hingga 60 menit tergantung macet tidaknya lalu lintas, dengan jarak sekitar 32 kilometer. Dari pusat kecamatan Lembang hanya berjarak sekitar 15 kilometer, dari tempat tamasya Tangkuban Parahu berjarak sekitar 7 KM. Jika Anda berangkat dari Subang maka jaraknya sekitar 30 kilometer.

BIAYA KARCIS MASUK

Wahana dan rekreasi Ciater ini dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga jam 6 sore.
Akan tetapi bagi wisatawan yang menginap, pemandian air panasnya tetap dibuka hingga pukul 12 malam.
Sementara saran waktu kunjungan terbaik, kita lebih baik datang pada pagi, sore maupun malam hari untuk menghindari hawa panas di siang hari.

Baca Juga :  Asal Muasal Objek Wisata Ciater Subang

Harga karcis masuk ke tempat tamasya Sari Ater saat ini berkisar Rp. 35.000 di luar biaya parkir.

Kemudian apabila mau merasakan pemandian air panas maupun wahana permainan, pengunjung juga wajib membayar tiket wahana.
Di bawah ini adalah harga karcis masuk lokasi dan tiket wahana di kolam air panas Sari Ater :

Tiket Masuk Rp. 32.000 (hari biasa) – Rp. 37.000 (hari libur)
Parkir Rp. 20.000 – Rp. 25.000 (motor) – Rp. 30.000 – Rp. 35.000 (mobil)
Pemandian Air Panas Rp. 14.000 – Rp. 75.000 (hari biasa) – Rp. 27.000 – Rp. 50.000 (hari libur)
Water Bike Rp. 10.000
Komedi Putar Rp. 8000
Perahu Rp. 10.000
Water Ball Rp. 25.000
Dream Zone Rp. 16.000
Wall Climbing Rp. 20.000 – Rp. 25.000
Trampolin Rp. 20.000
Panahan Rp. 10.000 – Rp. 15.000
Mini Train Rp. 8000

Harga tiket ini dapat berubah sesuai kebijakan pengelola. Alangkah bbaiknya supaya senantiasa melihat biaya tiket terbaru dari blog resmi ataupun customer service mereka.

SARANA DI TEMPAT TAMASYA CIATER

Taman wisata Ciater menyajikan suasana alam pegunungan yang alami dan asri. Di sana kita dapat menikmati liburan yang begitu nyaman bersama sahabat.
Umumnya rombongan komunitas dan kantor yang sering datang untuk kumpul-kumpul.
Selain itu banyak juga muda mudi milenial yang datang untuk berenang dan mencari lokasi foto exotis di objek wisata Ciater.

BERENDAM DI AIR PANAS

Pemandian air panas inilah wahana favorit di taman wisata Ciater. Itulah yang menjadi daya tarik utama yang membuat penasaran banyak wisatawan. Di sana tersedia Kolam terapi air panas dibuat mirip kolam renang, dan juga Kolam terapi air panas berbentuk sungai.

Air panas di tempat tamasya ini mengandung beragam khasiat. Disamping mujarab sebagai fasilitas penyembuhan juga relaksasi, ia juga kaya akan zat belerang yang banyak dan unsur-unsur penting lainnya.

Jika kita yang kemungkinan sedang mengalami penyakit kulit, tidak ada salahnya jika melakukan terapi berendam di Kolam terapi air panas tersebut. Selain pemandian terbuka, di tempat rekreasi Sari Ater juga ada pemandian private berupa bilik-bilik kecil dengan ukuran satu hingga dua orang.

Nah jika wisatawan yang ingin lebih menjaga privasi, disarankan agar membooking kolam private tersebut.

Saat ini di area pemandian air panas juga sudah disediakan penjaja jasa pijat. Jadi kalau mau terapi sambil dipijit, anda dapat memakai jasa tersebut dengan harga kurang lebih Rp. 50.000.
Selain jasa pijat oleh ahli pijat profesional, di sana pun ada juga alat pijat elektrik.

Baca Juga :  Sejarah Objek Wisata Kolam Air Panas Ciater Bandung

Ini dapat kita pilih ketika anda tidak biasa jika dipijit manusia. Biaya pakai kursi pijit ini pun lebih murah. Per 15 menitnya kita merogoh kocek 25 ribu saja.

Oh, ya. Pemandian air panas di Ciater tentunya tidak hanya untuk dewasa saja. Bagi pun telah disediakan kolam tertentu dengan kedalaman menyesuaikan tinggi rata-rata anak kecil.

KHASIAT BERENDAM DI PEMANDIAN AIR PANAS SARI ATER

Kadangkala orang terlalu berlebihan memikirkan rekreasi luar negeri agar bisa rekreasi ke negara2 yang banyak didatangi untuk berlibur, Padahal di negara kita pun potensi tempat liburan yang juga banyak lho bahkan tidak kalah cantik dan extic.

Pasalnya sebagian orang yang tak menyadari bahwa di negara ini juga begitu kaya akan tempat wisata alamnya dan semuanya dapat untuk di banggakan. Diantara objek wisata alam terbuka yang cukup populer di Indonesia, adalah Pemandian air panas Ciater.

Rekreasi ke Pemandian Air Panas Ciater ternyata mempunyai sederet manfaat lho. Aliran air panas nya berasal dari mata air tangkuban perahu. Kawah gunung tangkuban perahu sampai sekarang tetap aktif dalam menghasilkan mineral alami juga ada beberapa sumber mata air panas juga. Beberapa khasiat yang dapat anda dapatkan saat berendam di kolam Air Panas Ciater tersebut adalah seperti badan akan terasa lebih segar dan relax.

Disamping itu air di Pemandian ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan dan dianggap ampuh untuk mengobati beberapa penyakit kulit & jerawat membandel, mengendorkan otot2 tubuh, memperlancar sirkulasi darah, mengobati rematik & menyembuhkan penyakit tulang lainnya, serta detoksisasi atau mengeluarkan racun pada tubuh.

PANCURAN TUJUH

Pancuran Tujuh ini objek yang senantiasa digunakan oleh para pengunjung untuk membilas tubuh. Kendi ukuran besar yang mengaliri tujuh pancuran ini memiliki aliran yang berpusat hulu mata air alami di kolam Air Panas Sari Ater Subang.

CURUG JODOH

10

Tempat satu ini populer dengan cerita uniknya dimana yang datang kesini disarankan melantunkan harapan agar bisa diberikan jodoh sehidup semati dan cukup banyak pengunjung yang meyakininya. Bukan hanya itu saja, warga setempat juga masih mengagendakan ritual rutin di Curug Jodoh ini yaitu Munggahan.

JEEP OFFROAD

10

Apabiala kamu ingin menguji adrenalin, Objet Jeep Offroad patut dicoba. Kisaran harga paket Jeep Offroad ini sekitar 550k-1.900k sesuai jalur dan tingkat offroad yang anda pilih.

WAHANA OUTOBUND

10

Objek wisata Sari Ater bukan hanya menyajikan pemandian air panas. Tapi tersedia juga area outbound yang menyediakan beragam permainan. Area outbound ini selalu dijadikan pusat kumpul rombongan kantor yang akan mengadakan acara gathering.

Sementara tentang wahana permainan, di tempat outbound anda dapat mencoba permainan seperti flying fox, trampolin, ATV, golf mini sampai panahan. Selain itu terdapat pula danau buatan yang sangat luas yang dapat dijelajahi dengan perahu, hingga area foto yang indah dan exotic.

Baca Juga :  Asal Mula Taman Wisata Ciater Subang

TEMPAT KULINER DI CIATER

10

Berpetualang di kawasan taman wisata yang luasnya 30 hektar tentunya akan cukup mengeluarkan tenaga. Waktunya anda bisa singgah ke beragam tempat kuliner di Sari Ater. Di sini ada berbagai warung penjual makanan khas Pasundan dan juga menu-menu dari luar negeri.

Yang tak boleh dilewatkan sudah pasti saja bagi yang suka, salah satunya menu sate kelinci yang sangat lezat akan cita rasa yang pas di mulut. Disamping itu pula terdapat juga kuliner khas Bandung dan Subang adalah bandrek, seblak, hingga ayam katsu plus nasi yang dibandrol seharga Rp. 25.000.

Berwisata ke Ciater ini tidak akan pernah menjenuhkan. Sebab selain aktifitas di atas, di sana juga masih banyak kegiatan lain yang bisa pengunjung lakukan.

Contohnya jika masih punya waktu, kita juga dapat menyambangi petualangan lain di sekitar wahana utama ialah Grojogan Sewu, Curug Jodo dan Pancuran Tujuh. Tempat tersebut selain mengasikan juga diselimuti suhu udara yang sejuk.

Alam pegunungan pastinya selalu nyaman untuk berlama-lama disinggahi.
Jadi, mumpung liburan di sana, manfaatkanlah waktu untuk menjajal semua wahana yang ada.

Disamping wahana pasti di tempat ini juga sudah ada sarana umum. Sarana yang ada di tempat ini yaitu lahan parkir, WC umum, mushola, kamar ganti, kedai makanan, dan beragam jenis losmen.

HOTEL DI OBJEK WISATA SARI ATER

10

Anda mesti mengetahui bahwa obyek wisata ini dikelola langsung oleh manajemen Sari Ater Hotel and Resort. Jadi selain dapat menyewa penginapan di beberapa penginapan yang dekat dengan objek wisata, wisatawan pun dapat menyewa penginapan di penginapan utama yang berada di dalam lokasi.

Ragam penginapan yang tersedia di dalam kebanyakan berupa bungalow dengan harga sewa permalamnya sekitar Rp. 775.000. Adapun untuk yang ingin menginap di tempat lain namun tetap dekat dengan Sari Ater, pilihannya pun sangat beragam.

Sebagai rekomendasi, anda bisa menyewa penginapan di Puspa Sari Hotel Ciater ataupun di Marbella Twin Waterfall Resort. Kedua penginapan ini meskipun menyediakan fasilitas lengkap, akan tetapi biaya sewanya relatif ramah di dompet. Per malamnya kita hanya membutuhkan dana kurang lebih Rp. 350.000 saja.

LAINNYA

Selain yang telah kami sebutkan diatas, taman wisata ini juga didukung dengan wahana lain yaitu, arung jeram, taman bermain anak, area pemancingan, treck bersepeda, berkuda, lapangan tenis, bola voli, basket, golf, dan sewa perahu juga lho.